Anak bermain

5 Manfaat Memberikan Waktu Bermain bagi Anak Yang Perlu Diketahui

Bermain adalah bagian penting dari masa kecil setiap anak. Melalui permainan, anak-anak belajar tentang kemampuan mereka dan menemukan dunia di sekitar mereka.

Ini membantu anak-anak dalam berbagai cara, misalnya, dalam pertumbuhan keterampilan sosial, emosional, fisik, dan kognitif mereka. Intinya, untuk perkembangan anak-anak Anda secara keseluruhan, bermain adalah elemen penting.

Saat anak-anak mulai tumbuh, keseruan mereka dalam mengeksplorasi hal-hal di sekitar mereka terus meningkat, misalnya, seberapa berat suatu benda? Apa yang akan terjadi jika benda tertentu didorong atau ditarik?

Untuk lebih memahami, mari kita langsung ke alasannya satu per satu.

1. Memperluas keterampilan bahasa anak-anak Anda

Apakah Anda mengetahui fakta bahwa ketika Anda membuat suara konyol atau bergumam pelan kepada bayi, mereka sebenarnya sedang mempelajari komunikasi? Jadi, menjadi sangat penting untuk berhati-hati di sekitar anak Anda saat berbicara.

Saat Anda bernyanyi untuk si kecil, itu tidak hanya menenangkan mereka, tetapi juga mengajarkan mereka tentang kata-kata. Semua ocehan yang Anda dengar dari anak-anak Anda adalah cara mereka berkomunikasi dengan Anda dan itu mungkin merupakan ekspresi kegembiraan, kesenangan, atau emosi lain yang mereka coba ungkapkan.

2. Mempelajari keterampilan Motorik Kasar dan Halus

Bermain sangat penting untuk pengembangan keterampilan motorik kasar dan halus anak-anak. Hal pertama yang berhubungan dengan keterampilan motorik kasar yang dilakukan anak-anak adalah mereka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut mereka.

Melalui media bermain, anak-anak dapat melatih keterampilan kontrol dan koordinasi mereka baik dari gerakan tubuh kecil maupun besar bersama dengan jari dan tangan. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan motorik anak-anak dengan merencanakan aktivitas bermain yang memberi mereka kesempatan untuk menggerakkan tubuh mereka.

Menggantung di atas tempat tidur anak Anda adalah cara ideal untuk mendorong keterampilan motorik karena mereka pasti akan menarik perhatian mereka. Segera anak-anak Anda akan mencoba menggapai mainan ini atau hal-hal musik yang menggantung di luar jangkauan mereka.

3. Aktif secara fisik di dunia yang paham teknologi

Melibatkan anak-anak dalam permainan di luar ruangan tidak hanya akan membuat mereka aktif secara fisik, tetapi juga akan membuat mereka tetap sehat. Anak-anak zaman sekarang lebih paham teknologi dan tidak suka kotor di lumpur.

Jadi, di dunia yang terlalu berfokus pada teknologi, menjadi penting untuk memanfaatkan waktu anak-anak bermain game di luar ruangan. Perlengkapan bermain anak membuat anak aktif secara fisik.

Permainan luar ruangan memberi lebih banyak eksposur kepada anak-anak dan lebih banyak ruang untuk meningkatkan imajinasi mereka. Lain kali ketika Anda pergi untuk permainan luar ruangan, pastikan untuk membiarkan anak-anak Anda bermain dengan bebas.

4. Hubungan Sebab dan Akibat – Berpikir Kognitif

Meskipun seorang anak mulai belajar sebab dan akibat dengan hal-hal kecil seperti gemerincing (jika saya menggoyangnya, benda ini akan mengeluarkan suara!), Mereka hanyalah permulaan dari pemikiran kognitif. Kalau aku nangis mama pasti datang, kalau aku ketawa mama ketawa, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada banyak mainan dan permainan yang dapat mengajarkan kita tentang keterampilan kognitif, yaitu sebab dan akibat. Ada mainan pembelajaran yang tersedia di pasaran yang mengajarkan anak-anak tentang seni berpikir kognitif. Mainan seperti teka-teki membantu anak-anak menyusun potongan-potongannya.

Melalui ini, mereka akan dapat belajar untuk menempatkan segala sesuatu dalam perspektif yang tepat dalam hidup mereka juga. Demikian pula, cincin susun dan balok penyusun ideal untuk bekerja dengan warna, ukuran, dan bentuk.

5. Menumbuhkan rasa aman dan selamat

Saat Anda bermain dengan junior Anda, itu adalah saat di mana Anda bisa menggambarkan perasaan sejahtera dan rasa aman dengan membantu mereka. Ini semua dimungkinkan ketika Anda meluangkan waktu untuk si kecil dari jadwal sibuk Anda. Ini semua bisa ditanamkan pada anak-anak Anda sejak kecil.

Saat ini, orang tua sangat sibuk dan sibuk dengan banyak hal lain sehingga mereka kesulitan menemukan waktu untuk dihabiskan bersama anak-anak kecil mereka. Anda dapat membuat rutinitas di mana Anda membacakan cerita pengantar tidur untuk anak-anak Anda di malam hari dan bermain game untuk menunjukkan bahwa ayah dan ibu mereka bersama mereka.