Konten kreator

Apa Itu Konten kreator? Gaji, Pekerjaan, dan Lainnya

Istilah “Konten kreator” cukup banyak digunakan di ruang online. Kebanyakan orang biasanya memiliki pemahaman yang tidak jelas tentang istilah tersebut dan mungkin tidak dapat menjelaskan dengan jelas apa yang sebenarnya dilakukan oleh pembuat konten.

Jika Anda tidak mengerti maksud seseorang ketika mereka mengatakan bahwa mereka adalah pembuat konten, Anda tidak sendiri. Jadi, apa itu pembuat konten?

Pembuat konten menghasilkan konten untuk media (digital). “Konten” bisa berupa artikel, video, gambar, audio, pesan email, dll.

Pembuat konten biasanya memiliki latar belakang jurnalisme, tetapi individu dengan keahlian subjek dan / atau kecenderungan untuk membuat juga membuat pembuat konten yang solid. 

Membuat konten adalah keterampilan. Tidak semua orang yang bisa menggabungkan kata atau merekam video adalah pembuat konten.

Teruslah membaca untuk mempelajari apa yang diperlukan untuk menjadi pembuat konten yang baik, berbagai jenis pembuat, berapa banyak konten yang dihasilkan pembuat konten, dan cara mencari nafkah dengan membuat konten.

Jenis Pembuat Konten

Pembuat konten – yang bisa menjadi blogger DIY, YouTuber, podcaster, influencer media sosial, dll. – menyebarkan konten dalam berbagai bentuk dan bentuk, yang meliputi:

  • Artikel dan blog
  • Gambar dan infografis
  • Potongan berita industri
  • Audio dan podcast
  • Posting media sosial
  • Pesan email

Pembuat konten juga dapat dikategorikan berdasarkan pendekatan dan gaya penyebaran konten mereka. Pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan pembuat konten memastikan jenis audiens yang mereka tarik atau layani. Inilah perbedaannya. 

Pendidik

Pendidik memecah konsep atau tugas menjadi beberapa bagian sehingga pendengarnya dapat memahami dan menyerap informasi. Para pembuat ini dengan hati-hati memilih kata, contoh, dan ilustrasi mereka untuk meningkatkan kejelasan.

Pendidik suka menulis artikel langkah demi langkah, memproduksi konten pemasaran, membuat dokumentasi FAQ atau berkontribusi pada yang sudah ada, membuat tangkapan layar untuk mengilustrasikan hal-hal, dll. Sebagian besar konten ‘petunjuk’ yang ditemukan di Internet adalah milik pembuat konten ini . 

Orang dalam

Orang dalam adalah individu yang menarik yang suka mengungkapkan informasi yang tidak berada pada domain publik kepada publik umum. Mereka suka mendiskusikan cara kerja hal-hal tertentu. Mereka memiliki pemahaman dan akses ke data kompleks karena pekerjaan atau status sosial mereka.

Misalnya, seorang karyawan perusahaan atau anggota dewan secara publik yang membagikan informasi spesifik tentang organisasi mereka dapat disebut sebagai “orang dalam”. 

Orang dalam biasanya menempatkan data baru atau membingungkan ke dalam konteks dan menjelaskannya dalam bahasa yang mudah dipahami. Pembuat konten ini biasanya mencadangkan konten mereka dengan data aktual untuk memvalidasi penyebaran pengetahuan mereka. Konten mereka menciptakan rasa ingin tahu dan eksklusivitas yang disukai audiens mereka. 

Penanya

Penanya adalah seseorang yang mengajukan pertanyaan kepada orang-orang yang memiliki otoritas dan kekuasaan. Mereka mempertanyakan karena mereka pada umumnya ingin mengetahui dan berbagi informasi itu dengan audiens mereka.

Penanya biasanya tidak mengambil informasi apa pun dari nilai nominalnya. Mereka suka menggali lebih dalam dan meneliti. Ini adalah pemeriksa fakta yang dapat Anda andalkan untuk membedakan perdukunan dari kebenaran.  

Pakar

Seorang ahli adalah seseorang yang mengetahui segala sesuatu tentang bidang atau minatnya. Para ahli adalah orang yang orang-orang tuju ketika mereka membutuhkan nasihat konkret.

Seorang pembuat konten dijuluki sebagai “ahli” untuk pengetahuan yang mereka kumpulkan terutama melalui pengalaman. Seorang ahli membuat konten untuk mengklarifikasi hal-hal atau mengoreksi informasi yang salah yang mereka temukan. 

Amatir

Dibandingkan dengan seorang ahli, pembuat konten amatir berada di ujung lain spektrum. Mereka tahu sangat sedikit, baru saja memulai, dan belajar saat mereka menyebarkan informasi.

Pembuat konten pemula mempelajari keterampilan ini seiring berlalunya waktu, dan peningkatan kualitas konten mereka yang signifikan menjadi nyata selama periode ini.

YouTuber teknologi populer, Marques Brownlee, memulai sebagai amatir. Dia sekarang bisa dibilang membuat video terbaik tentang segala hal tentang teknologi. 

Reporter

Reporter mencatat hal-hal dengan pandangan mata burung dan memberikan gambaran yang lebih besar. Mereka menawarkan lebih banyak konteks ke suatu topik sehingga menjadi lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Seorang reporter menjelaskan topik dari luar. Mereka tidak terlalu mendalam tetapi menawarkan dasar yang kokoh. Tujuan mereka adalah membuat audiens mereka berpikir, ingin tahu, dan mencari jawaban sendiri. 

Kriptografer

Kriptografer memiliki pengetahuan atau informasi yang mendalam tentang suatu topik tetapi memilih untuk memberikan informasi kepada audiens mereka dengan menahan diri. Mereka cenderung berbicara dalam lingkaran dan ketidakjelasan, membuat pendengarnya menebak-nebak.

Pembuat konten ini biasanya mengenakan biaya premium untuk akses ke konten terbaik atau yang lebih komprehensif. Akibatnya, seorang kriptografer selalu mencari cara untuk mengubah pembaca menjadi pembeli dengan konten mereka. 

Salesman

Salesman adalah pembuat konten yang meyakinkan Anda untuk bertindak atau merefleksikan suatu topik dengan cara tertentu. Dan untuk melakukan itu, para pembuat konten ini menghasilkan konten yang sarat dengan informasi. Konten mereka, yang biasanya berupa postingan blog atau video, selalu memiliki pertanyaan dengan judul seperti “Why You Must …” Para pembuat ini tidak hanya mengamati atau mengumumkan hal tertentu, tetapi mereka melakukan penelitian untuk membuktikan keabsahan informasi kepada audiens mereka. 

Berapa Banyak yang Dihasilkan Pembuat Konten

Tidak seperti masa lalu, pembuatan konten sekarang sama mainstreamnya dengan profesi apa pun dan jenis uang yang dihasilkan pembuat ini adalah buktinya.

Namun, skala pembayarannya sangat luas – dengan banyak yang membuat kacang dan beberapa meraup ratusan dan ribuan dolar. Ada juga pembuat konten multi-jutawan. 

Orang yang membuat uang secara maksimal adalah individu yang melihat pembuatan konten lebih dari sekedar hobi atau hal yang mereka lakukan untuk kecintaannya.

Jumlah uang yang dihasilkan pembuat konten bergantung pada jenis konten yang mereka buat dan juga model monetisasi yang mereka gunakan.

Berikut ini adalah beberapa metode populer untuk menghasilkan uang melalui konten:

Periklanan Langsung

Iklan di halaman blog, video YouTube, dll. Adalah metode periklanan langsung. Pengiklan membayar uang kepada pembuat konten untuk tampilan iklan atau klik pada iklan.

Pemasaran afiliasi adalah pendekatan lain di mana pencipta mendapatkan komisi berbayar untuk barang yang dijual melalui tautan afiliasi yang ditempatkan di pos mereka. 

Pemasaran Influencer

Pembuat konten yang membuat konten untuk mempromosikan merek dan produk disebut sebagai influencer. Influencer dibayar untuk membuat konten pemasaran seperti posting blog atau video tentang produk tertentu. Tidak seperti iklan langsung, influencer bekerja sama dengan pengiklan mereka dan, oleh karena itu, dibayar lebih baik juga. 

Sindikasi Konten

Pembuat konten yang memberikan hak kepada situs web untuk menggunakan video dan gambar mereka dalam konten mereka dengan biaya tertentu adalah bentuk sindikasi konten. Misalnya, blogger musik dapat berbagi gambar konser dengan situs berita yang lebih besar untuk mendapatkan kompensasi finansial. Namun, tidak semua sindikasi dibayar. Beberapa pencipta membagikan konten mereka untuk eksposur yang mungkin diberikan situs web yang lebih besar untuk pekerjaan dan merek mereka. 

Kreasi Konten Premium

Beberapa pembuat konten membuat konten hanya untuk pelanggan premium mereka. Beberapa pembuat konten, pada kenyataannya, memiliki beberapa tingkatan konten.

Tingkat gratis untuk audiens reguler mereka dan tingkat premium untuk pelanggan yang membayar untuk mengonsumsi konten mereka. Sebagian besar YouTuber membuat akun Patreon untuk saluran mereka sehingga mereka dapat membuat konten eksklusif untuk pelanggan yang membayar. 

Menemukan Pekerjaan sebagai Pembuat Konten

Pembuat konten dapat bekerja lepas atau dipekerjakan oleh perusahaan sebagai pembuat konten internal. Beberapa klien bekerja dengan agen penulis profesional jika mereka memiliki persyaratan konten yang besar dan berkelanjutan.

Jika Anda ingin dipekerjakan sebagai penulis konten, Anda dapat mencari posisi penulisan konten di sebuah perusahaan atau usaha sendiri. Sebelum Anda memilih jalur pekerjaan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Bekerja sebagai Pembuat Konten Freelance

Komunitas freelance lebih besar dan lebih kuat dibandingkan dengan pembuat konten internal. Sebagai pembuat konten freelance, Anda dapat bekerja dengan banyak klien secara bersamaan dan juga memilih untuk memutuskan hubungan dengan klien yang sudah ada tanpa birokrasi atau dampak besar. Jaga agar semuanya tetap profesional dan ramah agar tidak merusak reputasi Anda dalam komunitas. 

Pencipta freelance dibayar per jam atau per proyek. Tidak seperti pencipta in-house, pencipta freelance hanya akan menerima pembayaran untuk pekerjaan yang telah diselesaikan.

Berbagai tunjangan lain yang biasanya diterima oleh para profesional yang digaji seperti tunjangan, bonus, cuti medis, dan masih banyak lagi. Tidak akan menjadi bagian dari kompensasi. 

Bekerja untuk Agensi

Kecuali jika Anda telah memantapkan diri Anda sebagai pembuat konten atau merek sendiri, mencari pekerjaan pembuatan konten sebagai pembuat lepas dapat berubah menjadi rutinitas.

Jika Anda memiliki klien yang menyukai pekerjaan Anda dan memiliki lebih banyak pekerjaan untuk ditawarkan, Anda harus menjadi orang yang baik. Namun jika Anda biasanya bergaul dengan orang-orang dengan persyaratan konten jangka pendek, Anda akan terus mencari pekerjaan baru. 

Jika Anda tidak ingin ketidakpastian terkait mencari pekerjaan sebagai freelancer dan juga tidak ingin menjadi karyawan penuh waktu, bekerja untuk agensi adalah jalan tengah ideal Anda.

Dengan bekerja sama dengan agensi, Anda tidak menjadi karyawan perusahaan dan juga tidak perlu menjelajahi Internet untuk bekerja secara teratur.