Kamera DSLR Canon

Cara Mudah Mengatur Kamera DSLR Canon EOS 2000D atau Rebel T7 

Baterai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengisi penuh baterai Anda. Semua orang ingin langsung menggunakan baterai dan mengambil gambar, tetapi Anda harus benar-benar mengisi penuh baterai Anda terlebih dahulu.

Dengan mengisi penuh dan kemudian menguras baterai Anda saat Anda menggunakannya, gunakan perpanjang umur baterai. Hanya butuh tiga atau empat jam. Kemudian pasang baterai ke kamera di bagian bawah kamera.

Jika Anda melihat baterai maka Anda melihat ada konektor listrik di salah satu ujungnya dan ada logo Canon di baterai, jadi untuk memasang baterai dengan benar, Anda memiliki konektor menghadap kamera dan logo menghadap Anda dan itu akan masuk.

Seperti kebanyakan baterai modern, baterai hanya akan berfungsi dengan satu cara jadi jika tidak dapat masuk dengan mudah maka kemungkinan Anda mendapatkannya dengan cara yang salah.

Kartu memori

Hal kedua yang harus dilakukan adalah memasukkan kartu memori Anda. Kebanyakan profesional cenderung menggunakan kartu memori SanDisk karena mereka menawarkan jaminan seumur hidup untuk kartu tersebut. Namun, perlu diingat bahwa mereka tidak akan mengganti konten di kartu.

Jadi, jika Anda memiliki kartu 16 gigabyte dan Anda memiliki 10 gigabyte video informasi dan diam di dalamnya dan kemudian rusak, mereka hanya akan mengganti kartu. Sangat penting untuk memiliki tempat di mana Anda dapat menyimpan gambar dan video ini secara permanen dan aman dan biasanya itu berarti hard drive eksternal.

Seperti halnya baterai, kartu memiliki konduktor listrik dan memiliki logo di bagian depan dan jika Anda meletakkannya sedemikian rupa sehingga logo menghadap Anda dan masuk ke slot kecil di atas baterai maka Anda dapat memasukkannya ke dalam.

Memasang Lensa

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasang lensa. Canon 2000D atau Rebel T7 adalah kamera APS-C yang berarti kamera bingkai krop. Ada dua jenis kamera DSLR 35mm – bingkai penuh atau bingkai krop.

Canon EOS 2000D adalah kamera crop frame yang berarti sensornya sedikit lebih kecil dan lebih murah – begitu pula lensanya. Namun, masih dapat mengambil gambar dan video berkualitas profesional.

Kamera ini akan mengambil lensa EF-S atau EF tetapi kelompok lensa yang direkomendasikan untuk Canon Rebel T7 adalah kelompok lensa EF-S. Saat Anda mengganti lensa, usahakan agar kamera tetap miring sehingga debu dan kotoran tidak bisa masuk ke dalamnya.

Ini karena sensor di dalam kamera sangat sensitif dan jika terkena debu dan kotoran di dalamnya maka akan merusak sensor dan mempengaruhi gambar dan video Anda. Ini juga sangat sulit untuk dibersihkan.

Jadi ketika Anda mengganti lensa cobalah melakukannya dengan cepat. Di sisi lensa Anda akan melihat kotak putih dan jika Anda melihat cincin pemasangan pada Canon T7, Anda akan melihat titik putih. Anda hanya perlu mengawinkannya dan memutar lensanya searah jarum jam sampai Anda mendengar keduanya berbunyi klik.

Setelah diklik, artinya kamera terpasang pada kamera dan karena ini adalah lensa EF-S, lensa ini sekarang dapat berkomunikasi dengan kamera sehingga akan membantu fokus otomatis dan eksposur otomatis.

Menu

Saat Anda ingin masuk ke menu di kamera, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dalam Mode Manual dan alasannya adalah saat Anda menekan tombol menu, Anda mendapatkan semua tab menu di bagian atas.

Jika Anda menggunakan opsi semi-otomatis atau otomatis yang berbeda, maka saat Anda menekan opsi menu, Anda tidak akan mendapatkan semua tab di atas. Saat Anda mengaktifkan kamera untuk pertama kalinya, layar akan meminta Anda untuk menyetel tanggal zona waktu dan bahasa.

Informasi tanggal dan waktu akan ditambahkan ke metadata untuk setiap gambar yang Anda potret. Anda dapat mengubah detail ini dengan menggunakan tombol silang dan menekan set. Setelah Anda mengatur waktu dan tanggal, Anda dapat mengatur format tanggal baik versi UK atau versi AS.

Jika Anda telah memilih yang Anda inginkan, Anda menekannya lagi dan kemudian Anda beralih ke waktu musim panas dan Anda melanjutkan ke zona waktu dan wilayah setelah semuanya benar, Anda cukup menekan OK. Jika Anda ingin kembali kapan saja untuk mengubah waktu tanggal atau bahasa, Anda akan menemukannya di SETUP TAB 2.

Format Kartu Memori Anda

Jika Anda memiliki kartu baru atau kartu yang Anda ambil dari kamera sebelumnya, sangat penting untuk memformatnya sehingga kartu dan kamera dapat bekerja sama. Cara Anda melakukannya adalah dengan menekan tombol menu dan kemudian pergi ke SETUP TB 1 dan di sini Anda dapat melihat opsi untuk memformat kartu.

Hal penting untuk diingat di sini adalah ketika Anda memformat kartu, Anda akan kehilangan segalanya – bahkan gambar dan video yang mungkin telah Anda lindungi akan dihapus.

Jadi Anda harus tahu bahwa semua yang ada di kartu telah disalin atau merupakan sesuatu yang tidak Anda inginkan sebelum Anda memformat kartu Anda. Tetapi jika Anda senang melakukannya maka Anda klik OK dan itu akan memformat kartu dan mempersiapkannya untuk digunakan oleh kamera ini.

The Dioptric Adjuster

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah melihat melalui jendela bidik dan melihat apakah yang dapat Anda lihat melalui itu tampak tajam. Jika Anda tidak memiliki penglihatan 20/20 atau jika Anda memakai kacamata, meskipun fokus otomatis pada kamera menghasilkan gambar yang benar-benar tajam, saat Anda melihat melalui jendela bidik mungkin terlihat tidak fokus.

Dengan menggunakan pengatur dioptrik, yang berada tepat di sebelah eyepiece jendela bidik, Anda dapat mengubah pengaturan fokus agar sesuai dengan penglihatan Anda. Tetapi ingat bahwa jika Anda memiliki lensa pada fokus otomatis, kamera akan secara otomatis memfokuskan gambar meskipun tidak terlihat tajam bagi Anda.

Kecerahan Monitor

Jika Anda menemukan kecerahan monitor LCD terlalu terang atau terlalu gelap maka Anda dapat mengubahnya dengan pergi ke SETUP TAB 2. Klik pada kecerahan LCD dan pilih untuk membuatnya lebih terang atau lebih gelap. Namun perlu diingat bahwa pengaturan optimal untuk memeriksa eksposur pada layar tinjauan langsung adalah level 4.

Pengaturan Mati Otomatis

Tidak ada yang lebih menjengkelkan selain kamera yang mati sendiri saat Anda masih mencoba membuat gambar. Meskipun membantu menghemat masa pakai baterai, ini dapat mengganggu alur pemikiran Anda dan memperlambat Anda. Anda dapat mengubah lama waktu yang diperlukan untuk mematikan kamera dengan masuk ke SETUP TAB 1 dan memilih AUTO POWER OFF.

Di sini Anda melihat Anda akan memiliki pilihan antara 30 detik dan 15 menit dan Anda dapat menonaktifkannya sepenuhnya jika Anda mau. Saya menemukan bahwa menyetelnya menjadi satu menit adalah kompromi yang baik.

Pengaturan ISO

Pengaturan ISO mengatur sensitivitas sensor Anda terhadap cahaya yang masuk ke kamera. Canon T7 akan menggunakan pengaturan ISO otomatis untuk memulai yang sangat nyaman dalam banyak kasus. Bagaimanapun Anda ingin mengontrol ini di beberapa titik – paling tidak karena pengaturan ISO memiliki dampak langsung pada kualitas gambar Anda.

Sangat mudah untuk mengontrol ISO dengan menggunakan Cross Keys. Tekan bagian atas berlabel ISO dan opsi ISO akan muncul di layar LCD. Secara umum, ISO 100 hingga 400 cocok untuk cahaya terang atau cerah, 400 hingga 1600 untuk mendung atau senja dan 1600 hingga 6400 untuk pemotretan cahaya redup dan malam hari.

Ukuran dan Kompresi File

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran file dan rasio kompresi, Canon 2000D akan memotret file 24 megapiksel dan itu adalah gambar berkualitas sangat tinggi. Tingkat kompresi JPEG akan menentukan kualitas gambar ketika disimpan di kartu memori Anda dan juga berapa banyak gambar yang dapat Anda simpan di kartu Anda.

jelas yang terbaik adalah memilih tingkat kompresi terbaik untuk membuat pilihan masuk ke SHOOTING TAB 1 dan pergi ke pilihan teratas yaitu kualitas gambar. Saya lebih suka memilih ukuran file besar dan kualitas kompresi terbaik.