Akuarium

Mengubah Tangki Akuarium Air Tawar Menjadi Tangki Air Asin

Tampaknya pada akhirnya setiap akuarium  air tawar yang sukses berpikir untuk pindah ke tangki laut. Sangat mudah untuk melihat mengapa – karunia lautan sangat luas dengan segala macam makhluk yang menarik dan seringkali sangat berwarna-warni. Tetapi hanya sedikit yang benar-benar membuat akuarium air asin pertama mereka.

Mereka tertahan oleh kekhawatiran mereka. Kekhawatiran ini akan sangat valid jika Anda menyelami dengan sedikit atau tanpa pengetahuan atau strategi seperti yang terlalu sering terjadi. Tetapi dengan pemahaman dan perencanaan yang tepat, menyiapkan akuarium air asin pertama Anda bisa jauh lebih mudah dari yang Anda harapkan.

Biaya

Mungkin pertimbangan pertama yang dibuat orang-orang yang mempertimbangkan untuk membuat akuarium air asin adalah biaya. Dugaan yang dirasakan adalah bahwa tangki laut akan lebih mahal daripada tangki air tawar dengan ukuran yang sebanding. Nah, gagasan ini sebagian besar benar.

Bahkan akuarium air asin hanya ikan tanpa embel-embel membutuhkan lebih banyak peralatan untuk dipasang dan memiliki biaya pengoperasian yang lebih tinggi daripada tangki air tawar dasar dan jika Anda ingin memelihara karang, biayanya hanya akan lebih tinggi. Tentu saja itu tidak berarti tangki air tawar juga tidak mahal.

Penataan besar yang ditanam dapat dengan mudah menyamai biaya tangki terumbu. Sungguh, biaya penyiapan apapun adalah hasil dari ukuran dan kerumitan lebih dari yang seharusnya disimpan. Selain itu, adapun jenis tangki yang Anda gunakan, banyak peralatan yang sama.

Kesulitan

Hal berikutnya yang dipertimbangkan oleh sebagian besar aquarists untuk masuk ke aspek hobi kelautan adalah kesulitannya. Sederhananya, berhasil memelihara akuarium air asin memiliki kurva belajar yang lebih tinggi daripada tangki air tawar yang setara- itulah sebabnya akuarium laut tidak direkomendasikan sebagai upaya pertama dalam memelihara ikan.

Segala hal yang perlu diketahui agar berhasil memelihara tangki air tawar berlaku untuk tangki air asin- plus banyak lagi. Hambatan terbesar mungkin adalah menjaga kualitas air.

Masalahnya adalah kurang lebih tidak mungkin untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan air secara sekilas. Mendeteksi masalah memerlukan pengujian dan pengujian ulang untuk melihat bagaimana hal-hal berubah seiring waktu.

Sebenarnya tidak satu pun dari ini yang sulit, tetapi memang membutuhkan ketekunan bagi pemiliknya untuk mengawasi berbagai hal. Itu adalah sesuatu yang banyak aquarists, lama dan baru, mengendur.

Selain air, masalah lainnya adalah upaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan spesifik penghuni tangki. Banyak makhluk laut yang tidak sesantai hewan air tawar. Mereka seringkali memiliki kebutuhan makanan yang lebih spesifik dan mencari tahu bagaimana berbagai spesies akan berinteraksi itu rumit.

Tentu saja hal yang sama bisa dikatakan tentang sisi air tawar dari hobi juga. Di kedua sisi terdapat banyak spesies yang cocok untuk pemula yang masih mempelajari seluk beluk mengelola tangki mereka. Tentu saja hal yang sama bisa dikatakan tentang sisi air tawar dari hobi juga.

Di kedua sisi terdapat banyak spesies yang cocok untuk pemula yang masih mempelajari seluk beluk mengelola tangki mereka. Tentu saja hal yang sama bisa dikatakan tentang sisi air tawar dari hobi juga. Di kedua sisi terdapat banyak spesies yang cocok untuk pemula yang masih mempelajari seluk beluk mengelola tangki mereka.

Perubahan Air

Perawatan untuk kedua jenis penyiapan pada dasarnya sama – membersihkan kaca, menyedot kotoran, mengganti air, dan sebagainya. Namun, yang terakhir, mengganti air, sedikit lebih rumit dalam hal tangki laut. Alasannya tentu saja garam yang perlu dicampurkan ke dalam air pengganti sebelum di nyalakan.

Mencampur air asin segar tidaklah sulit, tetapi membutuhkan sedikit usaha untuk mendapatkan parameter yang tepat yang berarti perubahan air harus direncanakan sebelumnya, biasanya sekitar satu hari. Dengan tambahan, ini juga berarti Anda harus memiliki cukup ruang di dekat tangki untuk mencampur air ini dan membiarkannya sementara garam larut.

Terakhir, penggantian air untuk tangki air asin bisa sedikit lebih berantakan, terutama dalam jangka panjang. Air yang tumpah dari tangki air tawar akan mengering dalam waktu lebih atau kurang. Namun,

Ketersediaan

Satu hal yang mungkin tidak langsung terlintas di pikiran adalah ketersediaan peralatan maupun ternak dari sumber lokal. Hampir semua hal yang Anda inginkan dapat dipesan secara online tetapi ini selalu kurang dari ideal.

Tidak dapat memeriksa sesuatu secara langsung dapat menjadi masalah dan pengembalian atau pertukaran tentu saja lebih merupakan masalah. Selain itu, pengiriman hewan hidup tidaklah mudah yang berarti biaya yang lebih tinggi dan risiko yang lebih besar untuk menerima spesimen yang tidak sehat.

Jelas bukan ide yang buruk untuk melihat apa yang tersedia secara lokal sebelum membuat keputusan untuk memasang tangki air asin jika faktor biaya. Ingatlah bahwa banyak toko akan bersedia memesan barang yang mungkin Anda inginkan yang saat ini tidak tersedia.

Jika Anda meluangkan waktu dan melakukan riset, maka menyiapkan tangki air asin pertama Anda tidak sesulit kelihatannya. Ada sedikit ongkos untuk dipelajari tentang apa yang diperlukan untuk menjaga penyiapan air tawar, tetapi, setelah siap dan berjalan, upaya sehari-hari yang diperlukan sebenarnya tidak terlalu berbeda.

Jika Anda telah mempertimbangkan untuk pindah ke tangki air asin dan mengetahui perubahan yang ditimbulkannya, mungkin inilah saatnya untuk mengambil risiko.