Asuransi Kesehatan

Pertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Membeli satu asuransi kesehatan adalah tugas yang sulit ketika banyak perusahaan menjualnya dengan penawaran dan keuntungan yang luar biasa. Ada banyak rencana, penawaran untuk menarik pelanggan dan kebanyakan membingungkan mereka. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda periksa dan ketahui sebelum jatuh ke dalam kesepakatan asuransi kesehatan:

  1. Prosedur Klaim:

Proses klaim oleh perusahaan tidak boleh terlalu rumit karena akan menyebabkan keterlambatan besar dalam penyelesaian klaim. Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis yang paling penting dan Anda tidak dapat mempertaruhkan hidup Anda atau keluarga Anda dengan membuatnya menjadi sulit. Semakin sederhana prosedur klaim, semakin mudah pula penyelesaian klaim. Periksalah proses mereka dengan hati-hati dan kemudian putuskan.

  1. Dukungan Pelanggan:

Layanan pelanggan 24 * 7 wajib untuk asuransi kesehatan. Jika terjadi kesalahpahaman di rumah sakit, eksekutif layanan pelanggan harus hadir untuk menangani situasi tersebut. Lakukan riset tentang perusahaan dan cara mereka menghadapi pelanggan.

  1. Jangka waktu tunggu:

Sebagian besar perusahaan asuransi memberikan waktu tunggu untuk penyakit sebelumnya. Ini bisa berkisar dari satu hingga sekitar enam tahun tergantung pada usia dan jenis penyakit Anda. Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan membeli paket asuransi kesehatan di masa muda sehingga Anda dapat dengan mudah melewati masa tunggu.

  1. Sebelum / Setelah Rawat Inap:

Ada banyak biaya yang ditambahkan dengan Rawat Inap yang meliputi obat-obatan, tes dan tindak lanjut dari dokter. Pastikan rencana asuransi Anda mencakup biaya-biaya ini juga. Dari rawat inap pasien hingga kepulangan mereka, asuransi kesehatan harus menanggung semua biaya. Seharusnya tidak ada terlalu banyak beban di pihak Anda.

  1. Jumlah asuransi:

Keputusan paling penting yang harus diambil adalah menentukan jumlah asuransi yang tepat. Pilihan jumlah yang tepat hanya akan menutupi biaya. Pertimbangkan usia Anda, kondisi kesehatan, tingkat gaji sebelum membuat keputusan. Jumlahnya tidak boleh terlalu tinggi untuk Anda beli atau terlalu sedikit karena Anda tidak perlu kekurangan jumlah dalam keadaan darurat.

  1. Asuransi keluarga:

Dalam memilih rencana asuransi kesehatan pastikan bahwa Anda mengasuransikan anggota keluarga Anda bersama Anda. Tentukan jumlah asuransi dengan mempertimbangkan usia mereka, penyakit yang ada atau sebelumnya.

  1. Rumah sakit jaringan:

Yang paling penting adalah memeriksa jaringan rumah sakit mereka. Sebagian besar rumah sakit menyediakan opsi tanpa uang tunai dan tagihan atau kuitansi semua biaya diselesaikan langsung dengan perusahaan asuransi. Pastikan untuk bertanya kepada firma asuransi tentang jaringan rumah sakit di mana sistem cashless ini tersedia.

Skema asuransi kesehatan dirancang sedemikian rupa untuk melindungi Anda dan keluarga Anda dalam kesulitan, tetapi sering kali kita menjadi lupa untuk memeriksanya karena terperangkap dalam kata-kata perusahaan. Hindari kerepotan seperti itu dan buatlah daftar pertanyaan yang perlu Anda ketahui darinya dan putuskan dengan hati-hati.